Kamis, 18 Agustus 2022

Fungsi Dapra Kapal

Fungsi Dapra Kapal. Dapra kapal pada umumnya merupakan sebuah ban karet dari truk bekas yang biasa dipasang pada bagian sisi kapal. Jika menggunakan karet bekas pastinya memang lebih murah namun estetika dari bentuk kapal menjadi berkurang, maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan produk dapra yang berkualitas dari Servo Rubber.

Produk yang kami hasilkan dibuat dengan bahan karet khusus yang dijamin berkualitas dengan hasil produksi dan kapal terbaik sesuai dengan kebutuhan kapal Anda. Pastinya dengan kualitas terbaik fungsi dari dapra bisa Anda dapatkan dengan lebih maksimal tanpa mengurangi nilai estetika dari kapal tersebut.

Apa Itu Dapra Kapal ?

Dapra sendiri merupakan sebuah bantalan karet fender yang biasanya dipasang pada lambung kapal atau perahu. Ini mempunyai fungsi untuk bisa menjaga agar kapal tidak mengalami benturan langsung dengan dinding dermaga atau antar kapal lainnya ketika bersandar di dermaga.

Jika kapal menggunakan dapra maka kemungkinan bisa meminimalisir terjadinya gesekan material logam, beton dan kapal sehingga kerusakan kapal juga bisa dicegah. Dapra biasanya dibuat dengan berbagai model yang menyesuaikan dengan desain kapal mulai dari ukuran, sampai model dapra juga sangat beragam. Dapra yang terbuat dari ban bekas truk diikat dengan rantai besi yang memiliki kekuatan dibawah baja. Rantai ini diikat pada ban bekas baik pada pinggiran beton pelabuhan atau bagian badan kapal. Untuk mencegah karat, maka rantai diberi lapisan galvanis. Selain dari karet, dapra juga terbuat dari bahan polimer thermoplastik PVC dengan keunggulan dari kekuatan dan bobot yang ringan

Dapra ini sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu perangkat wajib yang ada dan harus terpasang pada kapal atau dermaga. Namun bentuk dan ukurannya berbeda seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi pembuatan dapra terus mengalami perkembangan.

Penggunaan dapra kapal biasanya bisa meningkatkan keamanan kapal dan penumpang banyak digunakan dan diwajibkan dalam pemakaian industri transportasi laut. Servo Rubber mempunyai produk dapra kapal dengan berbagai model serta ukuran bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kapal Anda bahkan bisa juga dibuat custom sesuai dengan permintaan.

Berikut Ini Fungsi Dapra Kapal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dapra mempunyai beberapa fungsi dan merupakan hal yang penting bagi sebuah kapal. Di antaranya berikut ini ringkasan beberapa fungsi dapra yang bisa Anda ketahui.

1. Menghindari Kerusakan Kapal

Dapra bisa membuat kapal mempunyai umur yang lebih panjang dan menghindari terjadinya kerusakan pada kapal. Ombak laut dan kondisi lautan yang sulit ditebak membuat kemungkinan terjadinya guncangan atau tabrakan yang cukup rentan.

Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya kerusakan kapal dibutuhkan pemasangan dapra tersebut. Hal ini dilakukan agar ketika kapal berbenturan dengan kapal lainnya atau ketika berbenturan dengan dermaga tidak membuat kapal menjadi rusak.

2. Menjaga Keamanan Penumpang

Selain menghindari terjadinya kerusakan pada kapal dapra juga bisa menjaga keamanan penumpang dari tabrakan yang mungkin terjadi. Ketika kapal menabrak kapal lain atau dermaga dengan adanya dapra guncangan juga bisa diminimalisir sehingga membuat penumpang tetap aman.

Selain beberapa manfaat di atas dapra juga mempunyai banyak sekali fungsi lain yang membuat dapra sangat dibutuhkan oleh kapal. Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih mengenai produk dapra kapal dari Servo Rubber, Anda bisa menghubungi kami melalui WhatsApp 08111888728 atau email admin@ptsinergy.co.id