Senin, 15 Agustus 2022

Jenis-Jenis Lampu Navigasi Diatas Kapal

Jenis-Jenis Lampu Navigasi Diatas Kapal. Setiap kapal yang akan berlayar harus memperhatikan lampu navigasi kapal sesuai dengan kriteria serta ketentuan yang berlaku. Lampu ini merupakan sumber pencahayaan berwarna bisa temukan di Servo Rubber.

Jenis Navigasi Lampu Kapal

Tahun 1889 Amerika Serikat mengadakan Konferensi Maritim Internasional pertama guna mempertimbangkan aturan untuk mencegah tabrakan di lalu lintas laut. Tahun 1890 Aturan Konfrensi Washington yang dihasilkan diadopsi oleh Amerika Serikat dan menjadi efektif secara internasional pada tahun 1897. Di dalam aturan ini ada persyaratan bagi kapal uap untuk membuat tiang kedua lampu navigasi (masthead light).

Digunakan untuk memberi tahu posisi, pos, serta status kondisi pada kapal. Selain itu, pencahayaan ini juga sangat penting untuk keselamatan, terutama pada malam hari.

Lampu-lampu yang terpasang pada bagian lambung kapal harus berfungsi dengan baik saat sedang berlayar. Di perairan pada waktu siang, terlebih ketika malam hari karena tentu akan sangat gelap.

Sehingga bisa mengetahui jenis, letak, dan arah karena apabila alat tersebut tidak berfungsi, maka akan membahayakan awak kapal. Semua yang berlayar berdasarkan regulasi harus dilengkapi sistem navigasi.

Jenis-jenis Lampu Navigasi Kapal Laut

Lampu pada sistem navigasi di kapal laut ada berbagai macam, baik dari segi warna serta fungsi masing-masing. Berikut berbagai jenis alat navigation light sebagi penunjang penerangan.

1. Lampu tiang atau Masthead Light

Masthead light adalah lampu berwarna putih yang berada di bagian depan dan belakang sinarnya membentuk sudut 225 derajat. Dapat dilihat sampai 22.5 derajat pada arah belakang.

Pencahayaan ini pada umumnya diletakkan didepan serta dibelakang dimana kedua tersebut pada posisi center line. Memiliki tinggi tidak boleh kurang 4,5 m diatas mast head light depan.

2. Side light atau Lambung

Side light adalah lampu navigasi kapal berwarna merah pada bagian sebelah kiri dan warna hijau sebelah kanan. Dipasang dengan ketinggian sama dengan bridge deck dan sudut 112.5 derajat.

3. Tren light atau Lampu Butiran

Tren light merupakan pencahayaan berwarna putih dipasang di butiran kapal bisa dilihat dari belakang. Membentuk sudut 135 derajat. Pada tugboat butiran dipasang pada tiang dengan sudut 135 derajat.

4. Anchrolight atau Labu Jangkar

Anchrolight adalah lampu isyarat dari Servo Rubber berfungsi memberikan isyarat pada saat malam hari bahwa sedang labuh jangkar. Terdapat dua pencahayaan diletakkan di ujung tiang dan kurang 6 meter di atas force.

5. Towing Light atau Tunda

Towing light merupakan lampu isyarat berwarna kuning dan menandakan bahwa pada saat itu sedang menaruk atau ditarik. Lampu navigasi kapal ini ditempatkan sedekat mungkin di butiran dilihat dari belakang.

6. Dengerous Cargo Light atau Tanda Muatan Bahaya

Alat pencahayaan tersebut memberikan tanda bahwa kapal Anda membawa muatan atau sedang membongkar barang yang berbahaya. Dipasang pada sisi kiri dengan sudut sina r260 derajat dan berwarna merah berkedip.

7. Not Under Command Light atau Tanda Tanpa Komando

Memberikan tanda bahwa kapal dalam keadaan tidak dikendalikan. Lampu navigasi kapal ini dipasang pada bagian kiri tiang dengan sudut sinar 225 derajat serta berwarna merah.

8. Immigration Light atau Pencahayaan Imigrasi

Alat tersebut memberikan tanda bahwa akan melakukan cek in atau cek out imigrasi dari laut negara lain. Pencahayaan ini dipasang di sisi kana tiang dengan warna hijau. 

Dalam memperoleh lampu tersebut Anda bisa melihat di Servo Rubber terkait lampu navigasi kapal dengan menghubungi WhatsApp 08111888728 serta email admin@ptsinergy.co.id