Jumat, 05 Agustus 2022

Rubber Fender Tipe Cone

Rubber fender tipe cone atau kerucut merupakan karet fender dengan bentuk baru alias modern dari servo rubber. Salah satu keunggulan dari desain karet tersebut adalah pada bentuk.

Proses penanganan pada saat instalasi jauh lebih gampang dibanding dengan jenis karet yang lain. Tentu hal tersebut akan mengurangi keseluruhan biaya proyak.

Karet dermaga pada tipe ini banyak dipakai untuk berbagai jenis aplikasi umumnya pada era yang memilki kondisi pasang surut cukup ekstrim pada sebuah pelabuhan.

Rubber Fender Tipe Cone

Karena model mengerucut, fender dermaga ini dapat menahan atau menerima tekanan jauh lebih besar dan bisa menyerap lebih banyak energi tabrakan diterima dari arah lain ketika kapal sedang berlabuh.

Kenali Rubber Fender Tipe Cone

Dalam proses pemasangan karet fender dermaga ini biasanya ditambahkan panel besar umum disebut dengan frontal frame. Panel tersebut ditambahkan guna mendistribusikan gaya reaksi didapat akibat benturan.

Karena lebih besar panel yang ada, maka tekanan pada bagian lambung kapal diterima menjadi lebih rendah. Memiliki struktur bentuk runcing atau kerucut, dibuat dari komponen karet berkualitas tinggi.

Desain rubber meningkatkan kemampuan defleksi tekanan yang lumayan tinggi pada tingkat beban benturan seimbang. Selain mempermudah bentuk pada struktur dermaga, tentu hal ini akan mengurangi anggaran.

Jenis rubber fender tipe cone tersebut merupakan salah satu jenis karet terbaik dari servo rubber dan bisa dipakai sebagai pengganti dari jenis karet tipe super cell.

Fender dermaga motif kerucut cocok untuk dipakai pada dermaga yang membutuhkan gaya rendah tetapi butuh penerapan energi cukup tinggi.



Membutuhkan tekanan permukaan rendah pada panel badan kapal, tempat berlabuh atau sandar terbuka pada lepas pantai. Dermaga besar seperti minyak, terminal kontener atau peti kemas, semua tempat cocok untuk penggunaan karet dermaga tipe ini.

Sifat dari fender dermaga ialah sangat elastis dan mudah untuk ditekan, dengan demikian dapat meningkatkan kecepatan absorpsi shock dan tahan terhadap cuaca.

Memiliki daya serap energi cukup tinggi dari fungsi fender tersebut. Menyerap energi kinetik pada kapal, semakin banyak energi diterima atau diserap maka semakin efisien karet tersebut.

Karet Fender Dermaga oleh Indonesia

Kebanyakan masyarakat kurang memperhatikan bahwa kapal dan perahu-perahu besar baik di laut atau yang ada di danau pasti memiliki atau terpasang rubber fender tipe cone pada permukaan luar kapal.

Frontal Frame HDPE Rubber Fender

Beberapa orang juga mengenal karet ini dengan sebutan bumper. Rubber fender juga dapat dipasang pada dinding-dinding dermaga. Tujuan utama pemasangan ini adalah mengurangi kerusakan kapal, perahu atau dermaga itu sendiri.

Karet ini telah banyak dipakai sejak dulu dan tersedia dalam macam bentuk, spesifikasi, serta kegunaan juga berbeda-beda. Dan saat ini sudah banyak dikembangkan model baru seperti kerucut dan yang lain.

Rubber fender dibuat dari berbagai macam komponen karet sesuai dengan persyaratan dibutuhkan dari kondisi serta lokasi. Senyawa komponen bisa dibuat dari karet alam atau sintesis.

Perusahaan seperti servo rubber memproduksi dan memperdagangkan jenis tersebut di Indonesia. Untuk melakukan pembelian atau kebutuhan rubber fender tipe cone bisa hubungi 08111888728 atau email admin@ptsinergy.co.id

Atribut Inti
- Karet yang tangguh
- Sangat kuat dan tahan lama
- Performa geser yang luar biasa
- Bisa dipasang frame
- Gaya reaksi yang rendah
- Penyerapan energi kontak yang besar
- Bentuk kerucut dapat mengambil sudut berlabuh yang tinggi dan tetap efisien

Aplikasi
- Fasilitas Minyak dan Gas Bumi
- Terminal Curah
- Platform lepas pantai
- Pelabuhan Kontainer
- Pelabuhan RoRo