Senin, 08 Agustus 2022

Rubber Fender Tipe M

Rubber fender tipe M merupakan suatu produk Servo Rubber terbuat dari karet dengan rancangan bentuk yang menarik. Fungsi utama dari rubber bisa difungsikan agar mencegah kapal dan konstruksi dermaga dari kerusakan.


Rubber ini biasa di aplikasikan pada tepian dermaga dan tidak jarang kapal atau perahu menggunakan jenis tersebut sebagai bumper seperti tipe yang lain.

Tipe M ini juga memiliki fungsi sebagai penahan dan peredam energi dihasilkan oleh benturan antar kapal dengan dinding dermaga pada saat bersandar di pelabuhan.

Karet fender diberikan sentuhan desain lekukan di bagian yang menerima tekanan. Bagian itu berfungsi dalam menentukan peletakan yang mengalami tekukan di saat kapal bersandar.

Rubber Fender Tipe M untuk Dermaga

Desain fender memang telah mengalami beberapa perubahan untuk menghasilkan daya serap maksimal untuk melindungi struktur pada beton dermaga.

Jauh sebelum masa perang dunia pertama, material sebagai pelindung dermaga dari benturan kapal ketika sandar adalah menggunakan balok kayu. Sampai pada akhirnya balok karet disadap dari pohon karet.

Sampai sekarang di mana desain kayu di modifikasi dalan berbagai bentuk tertentu dan diberi aksesoris. Karet jenis ini merupakan pengembangan dari tipe V dan A sangat berbeda dengan cell karet fender.

Pada dasarnya karet ini memiliki ukuran tinggi sama dengan tipe V, tipe A serta jenis ANP. Begitu juga dengan panjang yang memiliki kesamaan dengan karet fender lain dalam bentuk balok memanjang.

Konsentrasi tekanan di bagian atas rubber fender tipe M berkurang karena ada dua lengkungan dengan bentuk menyerupai huruf M. Servo Rubber sangat berpengalaman memproduksi berbagai jenis bentuk rubber Fender. 

Karet ini dapat juga diaplikasikan menggunakan frontal frame. Memiliki penampang yang lebar efektif dalam menahan benturan, memberikan absorpsi energi cukup tinggi dan gaya reaksi rendah.

Karet fender dermaga ini mudah dalam memasang dan instalasi pada struktur dermaga serta tipe M sebagai bantalan karet agar kerusakan lambung kapal bisa dihindari. Jenis Rubber Fender Tipe M  memiliki ukuran mulai dari 250 sampai 800.

Kelebihan dari Rubber Fender Tipe M

Kelebihan karet tipe tersebut mempunyai gerak yang area telah ditentukan dangan ada lekukan pada salah satu bagian. Sehingga dalam penggunaannya tidak membutuhkan frontal lagi.

Bentuk seperti ini telah dibuat maksimal olah desain yang dibuat oleh para ahli. Sangat kuat dan tahan dari segala cuaca hingga memiliki umur penggunaan cukup lama, serta tidak memerlukan perawatan kompleks.

Memiliki penampang muka yang lumayan lebar, baik digunakan pada sudut tugboat, aplikasi, kapal kuda, workboats, tongkang, kapal pasokan, sudut dermaga, bagian jembatan dan lain sebagainya.

M fender banyak digunakan pada dermaga penyebrangan antar pulau. Tipe ini relatif mudah instalasi dilengkapi plat baja di bagian kaki, pemasangan bisa dilakukan secara horizontal atau vertikal.

Fender karet dipasang tepat dikerangka beton penyangga dermaga. Mengenai informasi terkait rubber fender tipe M bisa Anda lihat di Servo Rubber atau hubungi Whatsapp 08111888728 atau email admin@ptsinergy.co.id

Atribut Inti
- Didesain untuk menyerap benturan secara maksimal
- Dapat dipasang frontal frame
- Lekukan menyerupai huruf M mengurangi konsentrasi tekanan
- Sangat kuat dan tahan lama
- Tidak memerlukan perawatan kompleks
- Instalasi mudah dan stabil

Aplikasi
- Dermaga penyebrangan antar pulau
- Dermaga ponton
- Haluan dan buritan kapal