Kamis, 11 Agustus 2022

Tangga Ladder Tangga Monyet Pada Kapal Untuk Nahkoda

Tangga monyet ladder merupakan jenis yang ringan terdapat pada kapal menyerupai jembatan monyet. Material ini adalah peralatan dari Servo Rubber wajib harus ada di atas kapal.

Ada 2 jenis tangga di kapal, yaitu tangga miring dan tangga tegak. Tangga miring berbentuk miring dan secara posisi lebih aman dari tanggal tegak, tetapi memiliki kekurangan dimana butuh area yang lebih luas daripada tangga tegak.

Tangga tegak memiliki bentuk sederhana dan tidak membutuhkan area yang luas, akan tetapi posisi tegak membuat sisi keamanannya yang kurang.

Peralatan tersebut atau yang biasa disebut juga dengan Tangga Pandu ini mempunyai kegunaan di tempat tertentu dan sejenis Darurat berada di kapal.

Tangga Monyet Pilot Ladder Kapal

Material ini memiliki ukuran tersendiri yang bisa ditentukan sebelum membeli atau digunakan. Tangga tali dengan pijakan terbuat dari kayu ringan, digunakan untuk naik atau turun sekoci saat keadaan bahaya.

Monkey ladder atau pandu dipakai saat kapal memasuki sungai atau juga pelabuhan sempit dan banyak tempat dangkal, kapal harus dipandu seorang pilot yang digunakan untuk naik ke kapal.

Tipe Tangga Monyet atau Tangga Pandu

Terdapat dua tipe monkey ladder yaitu jenis standar dan solas. Perbedaan dari kedua jenis tersebut adalah dari jenis pijakan kaki. Untuk yang tipe standar semua pijakan kakinya terbuat dari kayu.

Sedangkan untuk jenis solas, tiga sampai empat pijakan bawah terbuat dari bahan karet. Ladder tipe solas harus memenuhi kriteria ukuran dengan tali samping.

Tali manila minimal untuk alat ini adalah 18 mm, tiga sampai empat pijakan paling bawah terbuat dari karet. Lebar tumpukan kaki minimal 40 cm dan pada pijakan kaki ke lima dari bawah terbuat adalah spreader.

Jarak spreader berikut maksimal untuk sebuah monkey ladder adalah dengan 8 tumpukan. Jarak antaran pijakan kaki sebuah ladder 30 sampai 38 cm. 

Berbicara mengenai tangga monyet dan tangga pandu memiliki perbedaan terdapat pada kedua jenis tali tersebut. Pijakan kaki memiliki bentuk yang bulat.

Sedangkan untuk jenis pandu memiliki bentuk pada pijakan kaki berbentuk seperti kotak. Tapi memang tidak sedikit menyebutkan bahwa monkey ladder dan pandu adalah jenis yang sama.

Servo Rubber dengan monkey ladder dalam menentukan ukuran keduanya memiliki kriteria serupa. Alat tersebut menggunakan tali berkualitas tentu akan aman saat digunakan serta dilengkapi sertifikat.

Kegunaan Ladder atau Tangga Monyet

Jika digunakan secara efektif dan benar, monkey ladder akan sangat membantu Anda dalam meringankan pekerjaan atau dalam keadaan menyelamatkan diri. 

Tetapi bila digunakan sembarangan seperti sangat tergesa-gesa sambil membawa barang banyak, akan menimbulkan terjadi potensi bahaya. Panjang ladder biasanya cutomable atau bisa disesuaikan.

Fungsi dari material ini sama seperti fungsi pada umumnya. Tangga Ladder pada kapal digunakan untuk naik serta turun pada saat terjadi situasi genting atau darurat. 

Contohnya para penumpang menggunakan ladder tersebut dari kapal yang akan tenggelam kemudian naik kapal sekoci atau perahu penyelamat.

Terdapat pula petunjuk pemakaian dalam meminimalisir risiko berbahaya dan kecelakaan ketika menggunakan ladder tersebut. Tanpa disadari, sebagian kecelakaan saat bekerja terjadi di tangga.

Terlebih monkey ladder pada kapal dengan bentuk tidak seperti pada gedung-gedung. Jangan remehkan kondisi tubuh Anda saat menggunakan tangga karena hal itu bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Setiap material tersebut memiliki kapasitas masing-masing, jadi penting untuk mengetahui kekuatan material tersebut. Untuk informasi dari Servo Rubber terkait tangga monyet bisa menghubungi Whatsapp 08111888728 atau email admin@ptsinergy.co.id